Rabu, 30 Maret 2011

Fungsi dan Penjelasan Dari APT Sistem Unix

Advanced Packaging Tool, yang sejak itu telah porting oleh Conectiva untuk digunakan dengan rpm dan telah diadopsi oleh beberapa distro lain. Para perintah apt-get adalah sebuah baris perintah handal-alat yang digunakan untuk bekerja dengan Ubuntu's Advanced Packaging Tool (APT) melakukan fungsi-fungsi tersebut sebagai instalasi paket perangkat lunak yang baru, meng-upgrade paket perangkat lunak yang ada, meng-update daftar paket indeks, dan bahkan meningkatkan seluruh sistem Ubuntu.

APT menggunakan sebuah file yang berisi daftar 'sumber' dari paket yang dapat diperoleh. File ini adalah / etc / apt / sources.list.



Entri dalam file ini mengikuti format ini

deb http://host/ubuntu distribution section1 section2 section3
deb-src http://host/ubuntu distribution section1 section2 section3

Kata pertama pada setiap baris, deb atau deb-src, menunjukkan jenis arsip: apakah berisi paket binary (deb), yaitu pre-compiled paket-paket yang biasanya kita gunakan, atau paket source (deb-src), sekarang kita akan lihat perintah yang tersedia untuk apt-get

Update daftar paket yang tersedia

Sistem pengemasan menggunakan database pribadi untuk melacak paket yang diinstal, yang tidak terpasang dan yang tersedia untuk instalasi. The program apt-get menggunakan database ini untuk mengetahui cara menginstal paket-paket yang diminta oleh pengguna dan untuk mengetahui paket-paket tambahan diperlukan agar paket yang dipilih untuk bekerja dengan baik.

sudo apt-get update

Pilihan berikut dengan apt-get mungkin berguna

-h teks bantuan ini.
-d Download hanya - TIDAK menginstal atau membongkar arsip
-f Mencoba untuk melanjutkan jika gagal memeriksa integritas
-s Tidak-bertindak. Lakukan pemesanan simulasi
-y Asumsikan Ya untuk semua pertanyaan dan tidak mendorong
-u Tampilkan daftar paket upgrade serta

Menginstal Paket Menggunakan apt-get

sudo apt-get install packagename

Contoh

sudo apt-get install apache2

Menggunakan Paket ulang apt-get

Jika Anda entah bagaimana kerusakan paket yang sudah diinstal, atau hanya menginginkan file dari sebuah paket yang akan diinstal ulang dengan versi terbaru yang tersedia, Anda dapat menggunakan opsi - opsi instal ulang
sudo apt-get --reinstall install packagename
sudo apt-get - reinstall install apache2

Hapus Menggunakan Paket apt-get

sudo apt-get remove nama paket

Contoh

sudo apt-get remove apache2

Menjalankan apt-get seperti di atas akan menyebabkan paket-paket yang akan dihapus, tetapi file-file konfigurasi mereka, jika ada, akan tetap utuh pada sistem. Untuk penghapusan lengkap dari paket

sudo apt-get - purge remove packagename

Contoh

sudo apt-get - purge remove apache2

Seperti halnya dalam kasus metode instalasi, Anda dapat menggunakan simbol dengan menghapus untuk membalikkan makna untuk paket tertentu. Dalam kasus memindahkan, jika Anda menambahkan '+' tepat setelah nama paket, paket akan diinstal bukannya dihapus.

sudo apt-get - purge remove packagename +

Contoh

sudo apt-get - purge remove apache2 +

Upgrade Paket

Anda dapat menggunakan perintah ini untuk meng-upgrade paket dalam distribusi yang sama, serta untuk meng-upgrade ke distribusi yang baru

sudo apt-get-u upgrade

Upgrade ke rilis baru

sudo apt-get-u dist-upgrade

Jika Anda ingin meng-upgrade paket tertentu menggunakan perintah berikut

sudo apt-get-u install packagename

Contoh

sudo apt-get-u install apache2

Hapus file paket yang tidak terpakai

Ketika anda menginstal sebuah paket yang diperlukan APT mengambil file dari host yang terdaftar di / etc / apt / sources.list, toko mereka di repositori lokal (/ var / cache / apt / arsip /), dan kemudian melanjutkan dengan instalasi. Dalam waktu repositori lokal dapat tumbuh dan menempati banyak ruang disk. Untungnya, APT menyediakan alat untuk mengelola repositori lokal.

apt-get clean akan menghapus semuanya kecuali mengunci file dari / var / cache / apt / archives / dan / var / cache / apt / archives / partial /. Jadi, jika Anda perlu menginstal ulang sebuah paket APT harus mengambil lagi.

sudo apt-get clean

apt-get paket autoclean hanya menghapus file-file yang tidak lagi dapat di-download.

sudo apt-get autoclean

Cari packge tertentu

Jika Anda ingin mencari packge tertentu menggunakan apt-cache. Program ini digunakan oleh sistem APT untuk menjaga database-nya.

Cari paket khusus

sudo apt-cache search packagename

Contoh

sudo apt-cache search atari

Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang paket tertentu menggunakan perintah berikut

sudo apt-cache show packagename

Contoh

sudo apt-cache show nagios3

Jika Anda ingin mengetahui paket apa itu tergantung pada paket tertentu

sudo apt-cache depends packagename

Contoh

sudo apt-cache depends nagios3

Cara untuk menemukan paket mana file milik

Jika anda ingin menginstal sebuah paket, dan Anda tidak dapat menemukan apa yang disebut dengan mencari dengan apt-cache, tapi mengetahui nama file program itu sendiri, atau nama file lain yang dimiliki oleh paket, maka Anda dapat menggunakan apt -file untuk menemukan nama paket. Hal ini dilakukan seperti ini:

sudo apt-file filename search

Anda juga dapat daftar isi dari sebuah paket, dengan menjalankan

sudo apt-daftar file packagename

apt-file yang menyimpan file database yang berisi semua paket, seperti auto-apt dilakukan dan perlu up-to-date. Hal ini dilakukan dengan menjalankan:

sudo apt-file update

Men-download paket source

Untuk men-download paket source, Anda akan menggunakan perintah berikut:

sudo apt-get source packagename

Ini akan men-download tiga file: seorang. Orig.tar.gz, seorang. Dsc dan. Diff.gz. Dalam kasus paket-paket yang dibuat khusus untuk Ubuntu, yang terakhir ini tidak di-download dan yang pertama biasanya tidak akan memiliki "asli" dalam nama.

The. Dsc file yang digunakan oleh dpkg-sumber untuk membongkar paket source ke dalam direktori packagename-versi. Dalam setiap download paket source ada debian / direktori yang berisi file yang dibutuhkan untuk menciptakan. Deb paket.

Untuk otomatis membangun paket ketika sudah didownload, tambahkan saja-b ke baris perintah

sudo apt-get-b source packagename

Paket yang diperlukan untuk mengkompilasi sebuah paket source

Biasanya, spesifik dan shared library header perlu hadir agar sumber paket yang akan dikompilasi. Semua paket source memiliki kolom dalam file kontrol mereka disebut 'Build-Depends:' yang menunjukkan paket-paket tambahan yang diperlukan untuk paket yang akan dibangun dari source. APT memiliki cara sederhana untuk men-download paket-paket tersebut.

sudo apt-get build-dep paket

Contoh

sudo apt-get build-dep GMC

0 komentar:

Poskan Komentar